STY Risau Ada 6 Pemainnya Punya 1 Kartu Kuning

0
STY Risau Ada 6 Pemainnya Punya 1 Kartu Kuning, Bakal Absen Lawan Filipina?

STY Risau Ada 6 Pemainnya Punya 1 Kartu Kuning, Bakal Absen Lawan Filipina?

STY Risau Ada 6 Pemainnya Punya 1 Kartu Kuning, Bakal Absen Lawan Filipina? – Jelang laga krusial Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak dan Filipina pada bulan Juni 2024, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia harus memberikan peringatan khusus kepada sejumlah pemainnya. 

 

Meski telah memanggil 22 nama ke skuad, Shin perlu mewaspadai situasi enam pemain IDNSCORE yang telah mengantongi satu kartu kuning sebelumnya.

 

Berdasarkan regulasi yang berlaku, setiap pemain yang mengoleksi dua kartu kuning dalam dua pertandingan berbeda akan dijatuhi hukuman larangan bermain selama satu laga di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

 

Kondisi ini tentunya bisa berdampak signifikan pada kekuatan skuad Timnas Indonesia dalam menghadapi lawan-lawan tangguh seperti Irak dan Filipina.

 

Enam pemain yang dimaksud adalah Asnawi Mangkualam, Rafael Struick, Jay Idzes, Justin Hubner, Ernando Ari, dan Ricky Kambuaya. 

 

Keenam nama tersebut harus benar-benar berhati-hati dalam bermain agar tidak mendapatkan kartu kuning tambahan yang bisa memaksa mereka absen pada salah satu laga penting di fase kualifikasi ini.

 

Sebagai pelatih yang berpengalaman, Shin Tae-yong tentunya memahami betul konsekuensi dari akumulasi kartu kuning ini. 

 

Oleh karena itu, dia harus memberikan arahan dan peringatan khusus kepada keenam pemain tersebut agar bermain dengan disiplin tinggi dan menghindari pelanggaran yang tidak perlu.

 

Di sisi lain, Shin juga harus mempersiapkan strategi dan rencana cadangan jika pada akhirnya ada pemain yang terkena akumulasi kartu kuning dan harus absen. 

 

Rotasi dan penggunaan pemain pengganti yang tepat menjadi kunci agar Timnas Indonesia tetap bisa bermain maksimal meski kehilangan salah satu atau beberapa pemain utamanya.

 

Laga melawan Irak pada 6 Juni 2024 menjadi pertandingan yang sangat krusial. 

 

Jika ada satu pemain saja yang mendapat kartu kuning di laga tersebut, maka ia akan absen saat menghadapi Filipina lima hari kemudian. 

 

Mengingat persaingan ketat di fase kualifikasi ini, Shin Tae-yong harus benar-benar mewaspadai situasi akumulasi kartu kuning agar Timnas Indonesia bisa menurunkan skuad terbaiknya di setiap pertandingan.

 

Salah satu dari pemain yang disebutkan di atas akan terpaksa absen pada pertandingan terakhir melawan Filipina jika mendapatkan satu kartu kuning lagi.

 

Sebagai contoh, Asnawi Mangkualam kembali terkena kartu kuning saat Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam 3-0 dalam pertandingan keempat Grup F. 

 

Kondisi ini sangat disayangkan mengingat Asnawi baru saja selesai menjalani sanksi akumulasi kartu kuning dalam pertandingan melawan Irak dan Filipina sebelumnya.

 

Akibatnya, Asnawi Mangkualam terpaksa absen dalam pertandingan ketiga melawan Vietnam pada matchday ketiga Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

 

Total hingga saat ini, Asnawi Mangkualam telah terkena tiga kartu kuning selama Kualifikasi Piala Dunia 2026.

 

Sementara itu, Rafael Struick telah mendapat satu kartu kuning saat Timnas Indonesia bermain imbang 1-1 di Filipina pada tanggal 21 September 2023.

 

Justin Hubner juga tercatat mendapatkan satu kartu kuning pada pertandingan keempat di Vietnam.

 

Ernando Ari mendapat kartu kuning ketika Timnas Indonesia mengalami kekalahan 1-5 dari Irak.

 

Ricky Kambuaya juga tidak luput dari kartu kuning saat Timnas Indonesia bertandang ke Vietnam.

 

Pertandingan matchday keempat juga menyaksikan satu lagi pemain yang harus menerima kartu kuning, yaitu Jay Idzes. Dengan demikian, total enam pemain tersebut harus sangat berhati-hati agar tidak mendapat kartu kuning lagi dan absen saat menghadapi Filipina.

 

Tidak hanya itu, setiap pemain juga diingatkan untuk menjaga sikapnya agar tidak terkena sanksi kartu merah yang akan membuat mereka absen dalam pertandingan melawan Filipina.

 

Sementara Irak telah memastikan diri lolos ke putaran ketiga setelah mengumpulkan 12 poin dari 4 pertandingan IDNSCORE , Timnas Indonesia berada di posisi kedua dengan 7 poin dari jumlah pertandingan yang sama.

 

Dengan demikian, situasi ini menegaskan pentingnya kehati-hatian bagi para pemain Timnas Indonesia untuk memastikan kehadiran mereka di pertandingan krusial melawan Filipina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *