STY Belum Perpanjang Kontrak

0
STY Belum Perpanjang Kontrak, Padahal Jadwal Lawan Irak dan Filipina Mepet

STY Belum Perpanjang Kontrak, Padahal Jadwal Lawan Irak dan Filipina Mepet

STY Belum Perpanjang Kontrak, Padahal Jadwal Lawan Irak dan Filipina Mepet – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan fakta bahwa hingga saat ini dirinya belum menandatangani kontrak baru bersama PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia). 

 

Kendati demikian, mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut tidak perlu terlalu khawatir. 

 

Pasalnya, PSSI telah menjanjikan akan memperpanjang kontraknya setelah masa baktinya berakhir pada Juni mendatang.

 

Janji perpanjangan kontrak tersebut tak lepas dari kinerja gemilang Shin Tae-yong bersama Timnas MPOID Indonesia selama ini. Ia tidak hanya memenuhi target yang ditetapkan PSSI, tetapi justru berhasil melampaui ekspektasi.

 

Sebelumnya, PSSI memberikan tuntutan kepada Shin untuk membawa Timnas Indonesia melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023 dan Timnas U-23 Indonesia minimal lolos ke babak delapan besar Piala Asia U-23 2024.

 

Namun, catatan prestasi yang ditorehkan Shin Tae-yong jauh melampaui target tersebut. 

 

Tim Merah Putih bukan hanya sekedar lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023, tetapi bahkan mencetak sejarah dengan melaju hingga babak perempat final. 

 

Sementara di ajang Piala Asia U-23 2024, Timnas U-23 Indonesia yang diperkuat para pemain muda berbakat mampu melangkah hingga ke babak semifinal meski berstatus sebagai tim debutan.

 

Pencapaian luar biasa ini tentu menjadi pertimbangan utama bagi PSSI untuk segera memastikan kepastian kontrak baru bagi Shin Tae-yong. 

 

Pelatih asal Korea Selatan tersebut dinilai telah berhasil membangkitkan prestasi sepakbola Indonesia di pentas Asia, sekaligus membangun semangat dan kepercayaan diri baru bagi para pemain muda berbakat Merah Putih.

 

Meskipun telah berhasil meloloskan Timnas Indonesia dan mencatat sejarah penting bagi Tim Merah Putih, Shin Tae-yong hingga saat ini mengaku belum menandatangani perpanjangan kontrak dengan PSSI. 

 

Dalam pernyataannya, Shin Tae-yong mengakui bahwa dia memang belum memperbarui kontraknya. 

 

Namun, ia juga menegaskan bahwa kontrak kerja tersebut akan segera ditandatangani. Oleh karena itu, Shin meminta semua pihak untuk bersabar terlebih dahulu.

 

“Belum ditandatangani,” ujar Shin Tae-yong kepada awak media di Lapangan B, Senayan, Jakarta, pada hari Selasa (28/5/2024). 

 

Ia kemudian menambahkan dengan nada tegas, “Tetapi akan ditandatangani.” Shin pun menegaskan kembali, “Jadi sekarang tunggu saja.”

 

Belum lama ini, PSSI memang mengakui bahwa mereka masih dalam tahap perundingan dengan Exco PSSI mengenai nilai kontrak Shin Tae-yong. 

 

Selain itu, PSSI juga berencana menetapkan target baru untuk Shin Tae-yong dalam beberapa tahun ke depan. 

 

Karena proses perundingan ini masih berlangsung, penandatanganan kontrak pun belum dapat diselesaikan.

 

PSSI memahami betapa pentingnya peran Shin Tae-yong dalam memajukan sepak bola Indonesia, sehingga mereka ingin memastikan bahwa semua detail kontrak dan target masa depan telah dibahas dengan matang. 

 

Hal ini dilakukan demi mencapai kesepakatan yang terbaik bagi kedua belah pihak. 

 

Oleh karena itu, PSSI meminta kesabaran dari seluruh pihak yang menantikan kepastian mengenai masa depan Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia.

 

Peluang Timnas Indonesia untuk melaju ke babak berikutnya dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 terbuka lebar. 

 

Saat ini, Indonesia menempati posisi kedua di Grup F dengan mengumpulkan 7 poin dari 4 pertandingan, unggul dalam selisih gol dari Vietnam yang berada di posisi ketiga. 

 

Terdapat dua skenario utama yang dapat membawa Indonesia melangkah ke tahap selanjutnya. 

 

Pertama, dengan memenangkan minimal satu dari dua pertandingan tersisa. 

 

Kemenangan atas Irak pada tanggal 7 Juni dan Filipina pada tanggal 14 Juni akan memastikan tiket ke babak ketiga. 

 

Bahkan, kemenangan atas Irak diikuti dengan hasil seri melawan Filipina juga cukup untuk memastikan Indonesia melaju ke tahap MPOID  berikutnya. 

 

Dengan demikian, Timnas Indonesia berada dalam posisi yang cukup menguntungkan dan dapat berharap untuk meraih hasil yang baik dalam sisa pertandingan kualifikasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *