Mengupas Kekuatan Timnas Belanda di Euro 2024

0
Mengupas Kekuatan Timnas Belanda di Euro 2024

Mengupas Kekuatan Timnas Belanda di Euro 2024

Mengupas Kekuatan Timnas Belanda di Euro 2024 – Timnas Belanda kembali bersiap menghadapi ajang Euro 2024 dengan tekad yang tinggi untuk melangkah lebih jauh dibandingkan edisi sebelumnya. Meski tidak menjadi favorit utama, De Oranje, julukan Timnas Belanda, tetap merupakan salah satu tim kuat yang patut diperhitungkan.

Hasil Kurang Memuaskan di Euro 2020

Pada Euro 2020, Timnas Belanda harus mengakui kekalahan di babak 16 besar setelah ditaklukkan oleh Republik Ceko dengan skor 0-2. Gol-gol LGOGOAL dari Tomas Holes dan Patrik Schick mengakhiri perjalanan Belanda di turnamen tersebut. Kekalahan ini tentunya menjadi motivasi tambahan bagi Virgil van Dijk dan rekan-rekan untuk tampil lebih baik di Euro 2024.

Tergabung di Grup D

Di Euro 2024, Timnas Belanda berada di Grup D bersama dengan Polandia, Austria, dan Prancis. Menghadapi lawan-lawan berat, pasukan Ronald Koeman diharapkan mampu lolos dari fase grup. Peluang untuk finis sebagai runner-up cukup terbuka bagi Timnas Belanda, mengingat kualitas dan pengalaman yang mereka miliki.

Perjalanan di Kualifikasi

Timnas Belanda berhasil mengamankan tiket ke Euro 2024 setelah finis di posisi kedua Grup B pada babak kualifikasi, hanya terpaut empat poin dari Prancis yang menjadi juara grup. Meski sempat kalah 1-2 dari Prancis, De Oranje berhasil meraih kemenangan di tiga laga tersisa melawan Yunani (3-0), Republik Irlandia (1-0), dan Gibraltar (3-0).

Skuad Andalan

Untuk Euro 2024, Ronald Koeman memanggil para pemain terbaik Belanda, meski harus tampil tanpa gelandang andalan Frenkie De Jong yang absen karena cedera. Di lini pertahanan, Belanda diperkuat oleh nama-nama besar seperti Virgil van Dijk (Liverpool), Matthijs de Ligt (Bayern Munich), Denzel Dumfries (Inter Milan), dan Nathan Ake (Manchester City).

Di lini tengah, Xavi Simons diprediksi akan menjadi pemain kunci yang bakal bersinar di turnamen kali ini. Sementara itu, di lini serang, Koeman memiliki opsi pemain seperti Memphis Depay (Atletico Madrid), Steven Bergwijn (Ajax Amsterdam), dan Cody Gakpo (Liverpool).

Kembalinya Ronald Koeman

Ronald Koeman kembali mengambil alih kursi kepelatihan Timnas Belanda setelah sebelumnya ditangani oleh Louis van Gaal yang gagal membawa Belanda berjaya di Piala Dunia 2022. Menurut pakar transfer Fabrizio Romano, rencana kembalinya Koeman sudah ada sejak sebelum Piala Dunia 2022, dengan kontrak yang ditandatangani pada April 2022.

Ronald Koeman adalah mantan pemain sepak bola dan manajer asal Belanda yang terkenal. Sebagai pemain, ia dikenal sebagai bek tengah yang tajam dalam mencetak gol LGOGOAL , terutama melalui tendangan bebas. Koeman bermain untuk klub-klub top seperti Barcelona dan memenangkan banyak trofi, termasuk Liga Champions pada 1992. Sebagai manajer, ia pernah menangani tim-tim besar seperti Ajax, Barcelona, dan tim nasional Belanda, meskipun menghadapi berbagai tantangan dan hasil yang beragam.

Jadwal Pertandingan

Timnas Belanda akan memulai perjuangan mereka di Grup D dengan jadwal sebagai berikut:

– 16 Juni 2024, Pukul 20.00 WIB: Polandia vs Belanda

– 21 Juni 2024, Pukul 02.00 WIB: Belanda vs Prancis

– 25 Juni 2024, Pukul 23.00 WIB: Belanda vs Austria

 

Kiprah Belanda di Euro

Kiprah Timnas Belanda di ajang Euro sepanjang sejarah cukup mengesankan, meski tidak selalu konsisten. Berikut pencapaian mereka:

– 1976: Peringkat Tiga

– 1980: Fase Grup

– 1988: Juara

– 1992: Semifinalis

– 1996: 8 Besar

– 2000: Semifinalis

– 2004: Semifinalis

– 2008: 16 Besar

– 2012: Fase Grup

– 2020: 16 Besar

Dengan persiapan yang matang dan komposisi pemain yang solid, Timnas Belanda memiliki peluang besar untuk melangkah jauh di Euro 2024. Dukungan dan harapan tinggi dari para penggemar tentu akan menjadi tambahan semangat bagi De Oranje dalam perjuangan mereka di turnamen bergengsi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *